Video ini merupakan simulasi (kecil-kecilan) pembelajaran yang ditujukan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengonstruksi pengetahuannya tentang solusi dari sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui penerapan open approach. Simulasi pembelajaran ini dilaksanakan secara daring dan mungkin dapat diadaptasi dalam pembelajaran luring atau tatap muka di sekolah. Open approach diharapkan dapat mendukung berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan akan dapat menumbuhkan kepercayaan diri mereka dalam berargumentasi dengan dasar penalaran atau pemikiran secara logis dan berdasar.

‘Peserta didik’ yang terlibat dalam simulasi ini (mbak Listia P. W. A., mas Diki Setya H., dan mbak Ari D.) bukan peserta didik SMA sungguhan. Mereka dalam hal ini hanya berperan sebagai peserta didik. Namun demikian, saya sangat mengapresiasi kesediaan mereka untuk menjai ‘peserta didik’ yang menjadikan simulasi pembelajaran ini dapat terlaksana. Pada video ini, kami sertakan file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang digunakan dalam aperspesi dan kegiatan inti pembelajaran, dan slide yang semuanya saya buat/kembangkan sendiri yang dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya untuk mendukung peserta didik menguasai kompetensi dasar terkait sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  2. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk Kegiatan Apersepsi
  3. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk Kegiatan Inti Pembelajaran
  4. Slide yang Digunakan dalam Pembelajaran (LKPD)
  5. Lembar Penilaian Penguasaan Kompetensi Dasar Peserta Didik

Terima kasih.