Sebuah Tragedi: This Blog Has Been Archived or Suspended

Pada hari Sabtu (13/10), saya memutuskan untuk memindahkan tiga tulisan yang sudah saya terbitkan di blog blogspot saya karena ingin mengapus blog blogspot tersebut dan kemudian fokus hanya di satu blog saja, yaitu blog WordPress ini. Setelah saya selesai memindahkan tiga tulisan tersebut, saya merebahkan badan di kasur sambil membaca beberapa postingan dari blog WordPress yang saya ikuti melalui aplikasi WordPress yang telah terpasang di ponsel cerdas saya. Selesai membaca beberapa postingan tersebut, saya iseng memeriksa statistik pengunjung blog saya dan tetiba statistik pengunjung blog tidak muncul. Saya mencoba me-refresh berkali-kali namun tetap tidak muncul. Hmmm….dalam hati saya mengira bahwa hal ini mungkin karena ada gangguan koneksi internet pada ponsel cerdas saya. Baiklah, saya akhirnya mencoba melakukan searching di Google dan ternyata berfungsi dengan baik alias tidak ada gangguan koneksi internet. 

Mengetahui bahwa tidak ada gangguan konseksi internet, saya mencoba kembali memeriksa statistik pengunjung blog WordPress saya dan lagi-lagi mendapati kenyataan bahwa statistik pengunjung saya tidak muncul-muncul juga. Aduh, ada apa dengan blog WordPress saya? Akhirnya saya mencoba untuk membuka blog saya melalui browser dan yang muncul malah laman yang bertuliskan “ibnurafisite.wordpress.com is no longer available.Hiks….hiks… nangis sambil guling-guling dan mencakar tembok. Apa salah saya sampai-sampai blog saya di arsipkan atau ditangguhkan? Apakah karena saya melakukan copy and paste postingan sedemikian sehingga oleh pihak WordPress dianggap sebagai pelangaran terhadap syarat/ketentuan layanan WordPress. Entahlah.

Screenshot 2018-10-13 18.27.28

Tidak rela rasanya kalau blog yang telah saya buat 2 tahun yang lalu dan sudah saya besarkan dengan sepenuh hati layaknya anak sendiri tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas diarsipkan atau ditangguhkan oleh pihak WordPress. Tidak mau tinggal diam, saya akhirnya googling untuk mengetahui cara menyelesaikan masalah ini. Syukurlah, saya mendapati blognya Mas Agung Rangga yang di salah satu postingannya membahas mengenai masalah yang sama dengan yang terjadi pada saya, yaitu blognya diarsipkan atau ditangguhkan oleh WordPress. Dalam postingannya, Mas Agung menyebutkan bahwa segera setelah blognya diarsipkan atau ditangguhkan oleh pihak WordPress, dia mengirimkan e-mail—yang tentunya dengan menggunakan bahasa inggris—kepada pihak WordPress yang isinya kurang lebih menanyakan alasan blognya diarsipkan dan meminta blognya untuk dipulihkan. Ok, saya pun mengikuti apa yang dilakukan oleh Mas Agung, yaitu berkirim e-mail ke pihak WordPress (TOS Reports: tosreports@wordpress.com). Inilah isi e-mail yang saya kirim ke pihak WordPress (Catatan: Mohon dimaklumi tata bahasa inggris saya yang acak-acakan :)) yang isinya kurang lebih saya adaptasi dari isi e-mail yang dikirim Mas Agung ke pihak WordPress. 

Dear my friends at WordPress

Sorry for disturbing you all

Hereby with this email, I would like to ask why my blog at https://ibnurafisite.wordpress.com/ is archived or suspended.

I am so sorry if I have done a mistake/fault.
But, actually I have been blogging since about 2 years ago and now I have published a lot of post that it means a lot for me. I am so sad when I knew that my site is suspended.

Could you help me to reactivate or solve my problem. I promise that I will not do such mistake twice.

Sorry for my impoliteness.
I am so glad to say thank you for your kindly attention.

Best wishes

Ibnu Rafi

Selain mengirim e-mail kepada pihak WordPress, sesuai dengan saran yang diberikan oleh Mas Haris Ahmad sebagaimana yang tertulis dalam postingan di blognya, saya juga mengirim pesan yang sama dengan e-mail di atas kepada pihak WordPress melalui Support yang telah disediakan oleh pihak WordPress yang dapat diakses melalui https://en.support.wordpress.com/suspended-blogs/. Setelah cara semua ini dilakukan, waktunya saya menunggu balasan dari pihak blog. Daripada pusing memikirkan blog yang terkena penangguhan (suspend), saya memutuskan untuk melupakan sejenak masalah itu dengan memberikan les privat matematika seorang siswa kelas 3 SMA. Siapa tahu, sekembalinya saya dari nge-les, blog saya sudah terbebaskan dari “penjara” WordPress.

Alhamdulillah, sekembalinya dari nge-les, saya mencoba membuka blog saya dan mendapati bahwa blog saya telah terbebas dari “penjara”. Dan ternyata e-mail saya telah dibalas oleh oleh pihak WordPress yang isi balasannya adalah sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

screenshot-2018-10-16-13-37-20-e1539677271350.png

Rasanya saya sangat bahagia mendapati blog saya kembali aktif. Dari masalah ini, saya belajar untuk lebih berhati-hati dalam membuat postingan. Semoga masalah ini the one and only.

Sekian

Stay hungry and stay foolish 🙂

5 thoughts on “Sebuah Tragedi: This Blog Has Been Archived or Suspended

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.