Jangan malu terlihat bodoh

Selamat sore. Maaf sudah lama tidak menulis diblog ini. Alhamdulillah sekarang ada kesempatan untuk nulis lagi ( ada ide dan pastinya ada kuota internet 🙂 ). Pada kesempatan kali ini saya akan menulis mengenai apa yang saya dapatkan setelah mengikuti English Class (via WhatsApp) yang diadakan oleh Politeknik AKA Bogor. Acara ini diadakan pada tanggal 11 Juni 2016, pukul 20.00- 22.00 WIB. Lalu apa yang dibahasa di English Class ?. Yang dibahas adalah tips dan trik meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui Public Speaking (khususnya debating).

O iya , sebagai informasi, pembicara dalam acara tersebut adalah mas Rezza Dwi Brammadita, alumni UNTIRTA. Beliau beberapa kali memenangkan kejuaraan debat ( bahasa inggris) di tingkat nasional dan internasional (Wow…luar biasa). Jika ingin lebih tahu tentang mas Rezza ini, bisa dicari di eyang Google ya. Heheheh. Langsung saja akan saya tuliskan apa yang saya dapatkan dari pemaparan atau cerita mas Rezza ini.

Bahwa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita, setidaknya ada tiga cara yang bisa kita lakukan. Apa saja?.Caranya adalah mengikuti English debating di sekolah atau di kampus, menonton TV series US (seperti How I Meet Your Mother, The Big Bang Theory dan Sherlock Holmes. Belum ada yang pernah saya tonton) dan yang terakhir adalah siap malu dan menghadapi grammar Nazi di media sosial (medsos).

Siap malu dan menghadapi grammar Nazi di media sosial (medsos).

Kenapa English  debating sih?. Untuk melakukan English debating, tentunya kita mempersiapkan bahan untuk debat ( materinya dalam bahasa Inggris kan?). Dalam mempersiapkan bahan, kita perlu banyak membaca informasi- informasi yang memang ditulis dalam bahasa Inggris ( so, our reading skill will be enhanced through this activity ). Terus nggak mungkin dong kita mengingat semua materi atau bahan untuk debat tadi ( mungkin ada yang bisa sih mengingat semuanya, tapi sepertinya cuma sedikit banget deh yang bisa). Nah oleh karena itu, kita perlu make a note. Melalui kegiatan catat- mencatat inilah kita bisa meningkatkan kemampuan writing kita. Nah, setelah kita membaca dan mencatat bahan untuk debat, tentunya kita akan berlatih untukberbicara dengan menggunakan bahasa Inggris ( Ya iya lah pakai bahasa Inggris, lha wong namanya saja English debating. Hehehe… Peace). Pada kegiatan inilah kemampuan berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris akan meningkat.Terakhir, di acara debat kan pasti ada yang namanya tim Pro dan tim Kontra yang siap mengungkapkan dan mempertahankan argumennya masing- masing. Oleh karena itu, untuk memahami argumen dari tim “lawan” kita harus meningkatkan kemampuan listening kita. Nggak mungkin dong kita menyangkal atau menanggapi argumen tim “lawan”  sedangkan kita nggak tahu apa yang mereka bicarakan. :). Jadi, boleh dibilang English debating tuh paket komplit untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.( 😦 pengin ikut kelompok English debating di kampus 🙂 ).

Selanjutnya ada bebera hal yang kita perlukan untuk belajar English debating . Apa sajakah itu?. Yups, percaya diri dan terima/ sadarlah bahwa kemampuan bahasa Inggrismu masih belum bagus dan terimalah masukkan- masukkan dari orang lain. Untuk bisa melakukan English debating memang tidak mudah, dibutuhkan kepercayaan diri yang kuat ( nggak over confident lho ya). Kenapa diperlukan kepercayaan diri yang kuat?. Ya karena kita pas debat disaksikan orang banyak. Bayangkan kalau tidak (kurang) percaya diri, hmmm…. a a a..ehm. eeee…. jadi mendadak nge- blank.

Ok, diakhir pertemuan di English Class, mas Rezza memberikan tiga tips agar bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mudah dan enjoy.

Agree that English is obligatory skills to compete nowadays, put in our mind that English is easy and never ever ashamed to look fools just because your English is bad. (Rezza Dwi Brammadita)

Jadi, jangan malu jika kita terlihat bodoh ( kan hanya kelihatannya). Prinsipnya adalah stay hungry and stay foolish. :).

Semoga bermanfaat ya tulisn singkatku ini. Jika ada kritik, saran atau tanggapan jangan segan untuk menuliskan komentar Anda di kolom komentar yang telah tersedia. Tunggu tulisanku selanjutnya ya. See you letter :). 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s