Bermain “Sulap” dengan Non-Palindrome

Semangat pagi. Pada kesempatan ini saya akan membagi info yang menarik ( menurut saya dan mungkin juga menurut Anda) tentang bermain sulap dengan non-palindrome. Tapi sebelumnya, mungkin ada yang bertanya- tanya, “Apa sih palindrome itu?”. Maka dari itu, sebelum membahas lebih jauh tentang bermain sulap dengan palindrome, saya akan menjelaskan pengertian palindrome.

Jika suatu bilangan atau kata ketika dibaca dari kiri ke kanan (forward) dan dari kanan ke kiri (backward) akan diperoleh bilangan atau kata yang sama, maka bilangan atau kata tersebut dikenal sebagai palindrome. Kata “madam” dan “apa” adalah contoh dari palindrome. Bilangan 505, 434, 123454321, dan 154451 adalah contoh dari palindrom juga.

Palindrome

Palindrome ( sumber: http://www.google.com)

Sekarang sudah paham kan tentang pengertian palindrome? (Sudah, hehehe, Alhamdulillah). Kalu sudah paham tentang pengertian palindrome, berarti untuk pengertian non- palindrome paham juga (non: bukan atau tidak).

Baiklah, mari kita mulai membahas mengenai cara bermain sulap dengan non-palindrom (O Iya, permainan ini dilakukan oleh dua orang). Berikut ini adalah langkah- langkah permainannya.

  1. Sediakan 2 lembar kertas dan pensil/ ball pen.
  2. Tuliskan bilangan 1089 pada lembar kertas yang pertama. Ingat bahwa temanmu tidak boleh melihat ( tidak boleh tahu) bilangan yang kamu tulis lho ya.
  3. Lipat lembar kertas yang telah kamu tulisi bilangan 1089 dan simpan.
  4. Minta teman kamu untuk menuliskan sebuah bilangan yang terdiri dari 3 digit/ angka dan nonpalindrom. Minta temanmu untuk membalik bilangan tersebut ( misal bilangan yang ditulis temanmu adalah 476, setelah dibalik akan menjadi 674). Minta temanmu untuk melakukan pengurangan , bilangan yang lebih besar dikurangi oleh bilangan yang lebih kecil (misal: 674- 476).
  5. Minta temanmu untuk membalik bilangan hasil pengurangan (pada langkah ke- 4) dan menjumlahkan/ menambahkan dengan bilangan hasil pengurangan tersebut ( misal: 674-476=198, setelah bilangan 198 dibalik akan menjadi bilangan 891, kemudian dengan menjumlahkan kedua bilangan tersebut akan diperoleh bilangan 1089). Tanyakan kepada temanmu apa yang dia peroleh. Temanmu pasti akan menjawab, ” Saya mendapatkan bilangan 1089″.
  6. Nah, selanjutnya, buka lipatan kertas yang kamu simpan tadi dan tunjukkan kepada temanmu. Hasilnya sama dengan bilangan yang telah kamu tulis bukan?. Hahahaha.

Betapa temanmu akan merasa terkagum- kagum dengan kecerdasanmu ( Hahahah…..ketawa jahat).Selamat mencoba ya.

Catatan:

  • Bilangan yang terdiri dari tiga digit yang saya sebutkan diatas adalah sebarang dan dengan cara/ langkah yang sama akan selalu didapat bilangan 1089.
  • Misal temanmu memilih bilangan 100, maka ketika dibalik akan menjadi 001. Kemudian diperoleh 100-001=099. Setelah itu diperoleh 990+099=1089.

Dengan permainan ini, kemampuan berhitung kita akan terasah.

Semoga bermanfaat. Stay hungry, stay foolish :).

Referensi:
Vonderman,C. 1996. How Math Works: 100 Ways Parents and Kids Can Share The Wonders of Mathematics.New York: The Reader’s Digest Association,Inc.

 

Advertisements

4 thoughts on “Bermain “Sulap” dengan Non-Palindrome

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s